Saturday, May 19, 2007

PROFILE BATIC (Full Version)

BALAI Jurnalistik ICMI Jabar (BATIC) adalah lembaga otonom di bawah naungan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia Organisasi Wilayah Jawa Barat (ICMI Orwil Jabar) sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan jurnalistik (media massa).

BATIC didirikan tahun 2001 oleh Komisi Pengembangan Media dan Informasi ICMI Jabar yang saat itu diketuai ASM. Romli alias Romel --Kini ASM Romli mejabat Ketua Divisi Pengembangan Media dan Informasi sekaligus Ketua BATIC.
BATIC dimaksudkan sebagai sarana pemberdayaan umat di bidang jurnalistik dan media massa --upaya untuk membuat umat "melek media" dan tidak menjadi korban media, bahkan harus menjadi subjek dalam bidang media massa.
BATIC sudah menggelar pelatihan untuk 15 angkatan (s.d. Mei 2007) dengan rata-rata peserta 40 orang per angkatan. Diklat Jurnalistik BATIC dikemas dalam format Majelis Ta'lim Jurnalistik (Majestik), tiap hari Sabtu, Pkl. 13.00-17.30 WIB, dalam 16 kali pertemuan (sekitar 2-3 bulan). Materi pelatihan meliputi semua hal tentang dunia jurnalistik dan media massa, mulai teknik reportase, teknik menulis berita-feature-artikel, bahasa jurnalistik, manajemen media, jurnalistik radio, editing, hingga kunjungan jurnalistik dan praktek pembuatan media (buletin). Instruktur pelatihan dari kalangan akademisi dan praktisi, seperti Dr. Asep S. Muhtadi, MA, Drs. AS Haris Sumadiria, Gede H. Cahyana, dan jurnalis dari berbagai media massa Bandung dan Jakarta (Kompas, Media Indonesia, Republika, Pikiran Rakyat, Tribun Jabar, Galamedia, Tabloid Alhikmah, dan sebagainya).
ASM. Romli alias Kang Romel bertindak sebagai "kyai" atau instruktur utama dalam Majelis Ta'lim Jurnalistik tersebut. (Profil lengkapnya, kunjungi: www.romeltea.blogspot.com ).
BATIC siap bekerjasama dengan pihak mana untuk menggelar Diklat Jurnalistik dan Kehumasan. Pihak BATIC sebagai penanggungjawab menangani kemasan/format pelatihan, silabus/materi pelatihan, dan instruktur. BATIC juga memiliki 'Bank Pemateri' atau database instruktur pelatihan jurnalistik dan komunikasi.

Bagi yang berminat menjadi anggota BATIC/peserta diklat jurnalistik BATIC, dapat menghubungi Sekretariat BATIC ICMI Jabar Jln. Dalemkaum 130-B Bandung Tlp. (022) 4263193.*

No comments: